Sunday, January 21, 2018

Contoh Proposal Penjualan Berbasis Web Dengan Menggunakan Php Mysql



APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN LAPTOP DAN SMARTPHONE BERBASIS WEB



Proposal


Diajukan Untuk Menempuh Ujian Ahir Semester
Ganjil 2017/2018 Program Studi
Teknik Informatika


OLEH

NUL AFRIANTO
1514030157

TEUKU FACRI MULIA PUTRA
1514030144



PROGRAM  STUDI  TEKNIK INFORMATIKA  FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH
BANDA ACEH
2018




BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Teknologi internet merupakan media informasi yang sangat bermanfaat dalam penyebaran informasi. Internet mampu diakses 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan dapat diakses siapa saja dan dimana saja selama ada koneksi internet. Teknologi internet berdampak cukup besar pada dunia bisnis (e-commerce) dengan dibukanya jalur perdagangan online sangat memudahkan bagi calon customers untuk melihat informasi produk, memesan ataupun melakukan pembayaran. Itu berarti transaksi penjualan secara online mempunyai calon customers yang potensial dari seluruh dunia.
Banda Olshop adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan produk produk smarphon dan computer. Sistem penjualan saat ini menggunakan media telephone atau custumers datang untuk bertanya langsung mengenai produk. Jika hanya mengandalkan sistem penjualan dengan cara custumer harus menelpon terlebih dahulu untuk mengecek persediaan barang, menanyakan harga atau customer datang hanya untuk bertanya langsung mengenai produk, terkadang barang yang ingin dipesan tidak selalu ada sehingga membuat customer harus menunggu.
Hal tersebut menyebabkan ketidakpuasan customer terhadap layanan dan berdampak terhadap omset pendapatan perusahaan tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu perkembangan perusahaan terasa dinilai agak lambat. oleh karena itu perlu adanya kajian terhadap kondisi perusahaan untuk mengembangkan system dari segi informasi dan pelayanan penjualan terhadap customers. Dengan menyediakan media sistem informasi penjualan berbasis online yang dirancang menggunakan media web atau internet untuk meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan meningkatkan pelayanan bagi customers, meningkatkan volume penjualan sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat.
Dari latar belakang tersebut penulis tertarik untuk membuat suatu sistem informasi penjualan berbasis online.

1.2              Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang  yang telah diuraikan, maka diberikan batasan masalah dalam pembuatan sistem ini, yaitu:
1.      Penyajian informasi penjualan meliputi informasi jenis produk dengan fasilitas informasi pemesanan, konfirmasi pembayaran dan cek produk.
2.      Perogram yang digunakan untuk perancangan website adalah Sublime
3.      Proses order barang di tampilkan pada web hanya sampai dengan proses pembayaran yang harus di lakukan oleh konsumen.

1.3              Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana cara memanfaatkan perkembangan teknologi dalam dunia     bisnis?
2.      Bagaimana cara untuk mempermudah para pelaku usaha untuk  mempromosikan produknya?
3.      Bagaimana cara untuk mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan tanpa harus datang langsung ketempatnya?

1.4              Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut :
1.      Menciptakan media sistem informasi penjualan online sebagai media informasi yang dapat diakses siapa saja dan dimana saja selama ada koneksi internet.
2.      Meningkatkan mutu pelayanan penjualan terhadap konsumen.
3.      Memperluas area penjualan banda olshop

1.5              Manfaat Penelitian
Sedangkan manfaat yang diharapkan dari penelian ini adalah :
1.      Memberikan solusi terhadap hasil identifikasi permasalahan sistem penjualan pada Banda Olshop
2.      Memberikan kemudahan informasi bagi calon konsumen untuk melihat produk, memesan ataupun melakukan transaksi pembayaran pada Banda Olshop secara mudah dan cepat.
3.      Dapat meningkatkan volume penjualan sehingga pendapatan perusahaan meningkat.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1            Pengertian Web
Aplikasi Berbasis Web adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui internet dan sekarang ini ternyata lebih banyak dan lebih luas dalam pemakaiannya. Banyak dari perusahaan-perusahaan berkembang yang menggunakan Aplikasi Berbasis Web dalam merencanakan sumber daya mereka dan untuk mengelola perusahaan mereka.
Menurut Asropudin (2013:109), Web adalah sebuah kumpulan halaman yang diawali dengan halaman muka yang berisikan informasi, iklan, serta program aplikasi.
Menurut Hidayat (2010:6) website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi.Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling berhubungan.Jadi dapat dikatakan bahwa, pengertian website adalah kumpulan halaman-halaman.yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau bergerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.
2.2       Perangkat Lunak Pendukung
    Menurut Yakub (2012:96) pada buku Pengantar Sistem Informasi, perangkat lunak atau program terdiri dari rangkaian industri elektonik yang menyeluruh untuk mengerjakan sesuatu. Beberapa perangkat lunak penudukung yang digunakan dalam pembuatan Sistem Informasi ini adalah PHP, XAMPP, MySQL.


2.3       Pengertian PHP
Nugroho (2013:153), “PHP kepanjangan dari Hypertext Preprocessor itu bahasa pemrograman berbasis web. Jadi, PHP itu adalah bahasa program yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web (website,  blog, atau aplikasi web).” Sedangkan Saputra (2013:4), “Mendefinisikan PHP merupakan bahasa server side scripting, di mana php selalu membutuhkan server dalam menjalankan aksinya.”
Kadir (2013:120), “PHP  merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk membuat aplikasi web. Ditinjau dari pemrosesannya, PHP tergolong berbasis server side. Artinya, pemrosesan dilakukan di server. Hal ini berkebalikan dengan bahasa seperti Java Script  yang pemrosesannya dilakukan di sisi klien (client side).”
Sidik (2014:4) menjelaskan, PHP merupakan secara umum dikenal sebagai bahasa pemrograman script script yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang dieksekusi di server web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML, dikenal juga sebagai bahasa pemograman server side.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa PHP adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk aplikasi web selalu membutuhkan server dalam menjalankan aksinya.

2.4       Pengertian MySQL
Wahana Komputer (2010:2), “MySQL sendiri adalah sebuah database relasional. Database  yang memiliki struktur relasional terdapat tabel-tabel untuk menyimpan data. Pada setiap tabel terdiri dari kolom dan baris serta sebuah kolom untuk mendefinisikan jenis informasi apa yang harus disimpan.”
Kadir (2013:15), “MySQL adalah nama database server. Database server adalah server yang berfungsi untuk menangani database. Database adalah suatu pengorganisasian data dengan tujuan memudahkan penyimpanan dan pengaksesan data. Dengan menggunakan MySQL,  kita bisa menyimpan data dan kemudian data bisa diakses dengan cara yang mudah dan cepat.”
Pratama (2010:10), “MySQL adalah suatu sistem manajemen basis data rasional (RDBMS-Relational Database Management System) yang mampu bekerja dengan cepat, kokoh, dan mudah digunakan.”
Sidik (2014:333), “MySQL merupakan software database yang paling popular di lingkungan Linux, kepopuleran ini karena ditunjang karena performansi query dari databasenya yang saat itu bisa dikatakan paling cepat dan jarang bermasalah. MySQL telah tersedia juga di lingkungan Windows.”
Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa MySQL adalah software database relasional  tujuan memudahkan penyimpanan dan pengaksesan data dan dapat diakses dengan cara yang mudah dan cepat.

2.5       Pengertian XAMPP
Sidik (2014:72), “XAMPP (X(Windows/Linux) Apache MySQL PHP dan Perl) merupakan paket server web PHP dan database MySQL yang paling popular dikalangan pengembang web dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya.”
Nugroho (2013:1), “XAMPP adalah paket program web lengkap yang dapat Anda pakai untuk belajar pemrograman web, khususnya PHP dan MySQL, paket ini dapat di download secara gratis dan legal.”
Menurut Nugroho (2013:7), dibawah folder utama XAMPP, terdapat beberapa folder penting yang perlu diketahui. Penjelasan fungsinya sebagai berikut:
Tabel 1.1 Folder-folder penting dalam XAMPP
NO.
NAMA FOLDER
FUNGSI
1
Apache
Folder utama dari Apache Webserver.
2
Htdocs
Folder utama untuk menyimpan data-data latihan web, baik PHP maupun HTML biasa. Pada folder ini, anda dapat membuat subfolder sendiri untuk mengelompokkan file latihannya. Semua folder dan file program di htdocs bisa diakses dengan mengetikkan alamat http://localhost/  di browser.
3
Manual
Berisi subfolder yang di dalam terdapat manual program dan database, termasuk manual PHP dan MYSQL.
4
MySQL
Folder utama untuk database MYSQL server. Di dalamnya terdapat subfolder data (lengkapnya: C:\MySQL\MySQL\data) untuk merekam semua nama database, serta subfolder bin yang berisi tools klien dan server MYSQL.
5
PHP
Folder utama untuk program PHP.
Sumber: Nugroho (2013:7)

2.6       Entity Relationship Diagram (ERD)
ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.
Ladjamudin (2013:142), ERD adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam system secara abstrak.

Tabel 2.3. Simbol dan Keterangan  ERD(Entity Relationship Diagam)
Simbol
Deskripsi



Entitas dimana menggambarkan suatu objek yang dapat diidentifikasi dalam sebuah lingkungan.





Atribut memiliki fungsi
mendeskripsikan karakter entitas.



Gambar disamping menunjukkan sebuah hubungan atau relasi antar entitas.

Garis adalah sebagai penghubung antara himpunan relasi dengan himpunan entitas dan himpunan entitas dengan atributnya.


2.7       Rancangan Layout Web

Header

Halaman Web

Page Right

Footer
 











1.8       Pengertian Header dan Footer
Header merupakan informasi yang ditampilkan pada bagian atas dari sebuah dokumen, sedangkan footer ditampilkan pada bagian bawah.
Di dalam template web, Anda dapat dengan cepat menambah atau mengubah header atau footer untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca di dalam printout lembar kerja Anda. Anda dapat menambahkan inforamsi header atau footer standar atau menyisipkan elemen-elemen lainnya seperti nomor halaman, tanggal, waktu, nama file, dst.

1.9       Halaman Web
Sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.
Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1         Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan sepenuhnya pada banda olshop Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan mulai Desember 2017 sampai Januari 2018. Jadwal penelitian dimuat pada Tabel 3.1 sebagai berikut.


Tabel 3.1 Jadwal Penelitian
No
Kegiatan
Januari
2018
I
II
III
1
Pengumpulan Data



2
Pembuatan Proposal



3
Perancangan Sistem





3.2     Analisis Sistem
Analisis sistem merupakan tahap yang sangat penting, karena apabila terjadi kesalahan dalam tahap ini akan mengakibatkan kesalahan pada saat pembangunan sistem, sehingga diperlukan ketelitian saat pengamatan dan penelitian, agar diketahui permasalahan dan kebutuhan yang diperlukan pada saat membangun sistem.




3.4        Implementasi Dengan PHP
1.                  Form Login
Form login adalah form yang digunakan oleh user untuk masuk ke halaman database yang berfungsi untuk mengolah data yang terkait dengan database penjualan dan order.Tampilan formnya dapat dilihat pada gambar berikut :

2.                  Menu Utama Form Admin
Stuktur rancangan menu form admin pada Sistem Informasi Penjualan Laptop dan Smartphon Berbasis Web






                              
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Popular Posts